Minggu, 18 Juli 2010

sistem operasi open source
pendahuluan
Banyak pengembang Ubuntu adalah juga sebagai anggota komunitas Debian. Mereka melanjutkan untuk tetap aktif memberikan kontribusi bagi Debian baik di jalan kerja mereka untuk Ubuntu dan juga untuk Debian secara langsung.

Saat sebuah bug dilaporkan dalam sistem pelacakan bug debian dan lalu akhirnya diperbaiki di Ubuntu, perbaikan itu juga diberitahukan langsung kepada pengembang Debian yang bertanggung jawab terhadap paket tersebut di Debian and mencatat URL patch di dalam sistem bug Debian. Tujuan jangka panjang dari pekerjaan itu adalah untuk meyakinkan bahwa patch yang dibuat oleh anggota Ubuntu perlu untuk segera disertakan dalam paket Debian saat para pengelola Debian menyukainya. Dalam Ubuntu, anggota tim dapat membuat perubahan terhadap paket apapun, bahkan jika paket tersebut dikelola oleh orang lain.

Ubuntu tidak menyediakan perbaikan dalam hal keamanan dan dukungan profesional untuk setiap paket yang ada pada dunia open source. Ubuntu melakukan pemilihan paket yang ada lalu menyatukannya untuk membangun sebuah sistem desktop yang lengkap. Paket-paket tersebut akan mendapatkan dukungan dari Ubuntu.

Untuk pengguna yang ingin mengakses setiap paket yang ada, Ubuntu menyediakan komponen "universe" (kumpulan paket) dimana pengguna sistem Ubuntu dapat menginstal versi terakhir dari paket yang tidak berada dalam kumpulan paket-paket utama yang mendapatkan dukungan penuh. Kebanyakan paket yang ada dalam Ubuntu universe terdapat juga dalam paket Debian, walaupun ada beberapa sumber lainnya juga.

Ubuntu membuat rilis terbaru setiap enam bulan sekali, dan mendukung rilis tersebut selama 18 bulan dengan perbaikan keamanan harian dan patch untuk bug yang kritis.

Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Salah satu Operating Sistem yang open source adalah Linux, dimana Linux sendiri memiliki banyak distro atau yang lebih dikenal dengan distro linux. Distro Linux merupakan singkatan dari distribusi Linux, yaitu sebuah sebutan untuk sistem operasi komputer yang mirip Unix. Dimana kernel yang digunakan adalah kernel Linux, bukan kernel Unix. Istilah Linux sendiri digunakan untuk menyatakan bahwa sistem operasi ini di-ilhami dari sistem operasi Unix yang telah lebih dulu populer.

Linux merupakan singkatan dari Like Unix. Distro Linux yang ada pada saat ini yaitu :
1. Debian GNU/Linux
2. Red Hat Linux
3. Slackware
4. S.u.S.E
5. Turbo Linux
6. Trustik Linux Merdeka
7. WinLinux
8. Xandros
9. Ubuntu
10. Kubuntu
11. Mandrake 10
12. Fedora Core 4
13. Lycoris
14. Knoppix 3.6
15. Simply Mepis



SEJARAH UBUNTU
Linux “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat_lunak.

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu.

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.Berikut ini adalah komitmen publik tim

Ubuntu untuk para penggunanya:
a. Ubuntu akan selalu bebas dari biaya, maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk “edisi enterprise”
b. Ubuntu juga menyediakan dukungan komersial dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. Ubuntu dirilis secara tetap dan dapat Anda prediksikan.
c. Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh Komunitas Perangkat Lunak Bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang.
d. Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas. Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permainan.

Beberapa aplikasi untuk Ubuntu :
1.WUBI. Wubi merupakan aplikasi Ubuntu Installer untuk pengguna Windows yang dapat membawa kita semua ke dunia linux dengan satu kali klik saja.
2.GDM Theme atau GNOME Display Manager (GDM) adalah aplikasi yang bertangung jawab atas graphical user login yang berada pada desktop GNOME.
3.Ubuntu Tweak merupakan aplikasi khusus linux Ubuntu yang didesain menggunakan Ubuntu GNOME desktop.
4.FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk melakukan transfer data melalui internet ataupun local komputer



Ubuntu sendiri memiliki beberapa versi di antaranya yaitu :
• Ubuntu 4.10 (Warty Warthog)
Ubuntu 4.10 merupakan cikal bakal Ubuntu yang akan diluncurkan pada tanggal 20 Oktober 2004. Kode namanya Warty Warthog dengan logo babi hutan dengan kode 4.10. Ubuntu 4.10 menggunakan Linux kernel-2.6.7 dan desktop environment GNOME versi 2.8. Beberapa Fitur yang dimiliki yaitu Firefox 0.9, Evolution 2.0, OpenOffice.org 1.1.2, dan juga dukungan untuk hardware. Server Ubuntu 4.10 bisa di-install dengan mode minimalis.

•Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog)
Kode nama Hoary Hedgehog adalah Ubuntu kedua yang dikeluarkan dengan kode nomor 5.04 pada tanggal 8 April 2005. Icon yang digunakan yaitu landak sesuai dengan namanya Hedgehog. Pada versi ini merupakan awal mula dari Kubuntu yaitu Ubuntu yang berbasiskan KDE sebagai desktop environment. KDE yang digunakan yaitu versi 3.4 dangan GNOME 2.10, dengan kernel-2.6.10. Versi ini mendukung instalansi melalui media USB, sudah mendukung program kompresi bzip2, autentifikasi Apt, dan juga sudah adanya versi Live CD yang memungkinkan kita menggunakan Ubuntu tanpa install terlebih dahulu.

• Ubuntu 5.10 (Breezy Badger)
Icon yang digunakan yaitu Breezy Badger, dimana Badger adalah luwak, binatang liar sejenis musang. Rilis pada tanggal 13 Oktober 2005 dengan menggunakan kernel-2.6.12 dengan desktop environment GNOME 2.12.1 dan KDE 3.5.2. didalamnya sudah terpasang OpenOffice versi 2.0 beta 2. Pada rilis ini versi server sudah dikeluarkan untuk keperluan membangun komputer server. Pada versi ini terdapat EDUbuntuyang berfokus dalam dunia pendidikan, yang berisi aplikasi-aplikasi edukatif dan dapat digunakan oleh siswa sebagai sarana belajar. Fitur tambahan yang terdapat versi ini misalnya usplash yaitu loading bar pada saat proses boot Ubuntu, menulis audio CD, tambahan driver hardware dari third party atau pihak ketiga, dukungan penuh untuk printer dan scanner Hewlett-Packard (HP), kompabilitas keyboard dan mouse Bluetooth dan juga kernel 64-bit untuk PowerPC.

• Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)
Versi ini dirilis pada tanggal 1 Juni 2006 dengan nama Dapper Drake dan berkode nomor 6.06 dengan icon bebek. Menggunakan kernel Linux terbaru yaitu kernel-2.6.15, desktop environment GNOME 2.14 dan KDE 3.5.4. Pada versi ini mulai bermunculan tempat download lokal di Indonesia untuk mengunduh Ubuntu. Fitur terbaru yang dimiliki pada versi ini yaitu instalasi melalui Live CD secara cepat, sistem startup yang pesat pada saat login, menu yang simpel, proses shutdown dengan bentuk loading grafis, dukungan terhadap video playback, adanya pilihan untuk menentukan jaringan dengan menggunakan wireless atau kabel, dan paket aplikasi OpenOffice 2.0.2. Muncul Xubuntu dengan desktop encironment yang digunakan berupa XFCE versi 4.3.90.1. Desktop environment ini lebih ringan dibandingkan dengan GNOME maupun KDE.

• Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)
Rilis pada tanggal 26 Oktober 2006 dengan lambang kadal berwarna orange, memiliki perubahan pada kecepatan startup dan shutdown serta terintegrasi dengan Tomboy dan F-spot. Kernel yang digunakan kernel-2.16.17, desktop environment menggunakan GNOME 2.16, KDE 3.5.5 dan XFCE 4.3.99 RC1, Evolution 2.8.0, Firefox 2.0 dan OpenOffice 2.0.4. Adanya aplikasi tambahan seperti beryl, xgl dan compiz. Aplikasi-aplikasi addons ini menjadikan tampilan desktop dari Ubuntu semakin menarik.

• Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn)
Generasi keenam ini dirilis pada tanggal 19 April 2007 dengan nama Feisty Fawn dengan icon seekor kancil. Versi ini menggunakan kernel linux-2.6.20, dekstop GNOME 2.18, KDE 3.5.6 dan XFCE 4.4 dengan RAM minimal 256 MB agar dapat dijalankan pada komputer. Ubuntu 7.04 ini mulai digunakan edisi Alternate. Edisi ini digunakan jika kita ingin meng-install dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan grafis. Fitur terbarunya adalah tool migrasi Windows yang memudahkan integrasi antara aplikasi-aplikas Windows dan Ubuntu jika kita menggunakan dual booting. Fitur lainnya berupa kemudahan instalasi codec, dan plug and play jaringan dengan menggunakan Avahi.

• Ubuntu 7.10 (Gusty Gibbon)
Dirilis pada tanggal 15 Oktober 2007 dengan nama Gusty Gibbon dengan kode nomor 7.10 dengan icon siamang. Keunggulannya adanya dukungan add-on atau plugin untuk web browser Firefox, wizard untuk dukungan printer, Wi-Fi, kamera digital, iPod dan peranti digital lainnya. Adanya dukungan dengan akses ke system file NTFS secara default. Efek 3D disetel default jika persyaratan minimumnya terpenuhi. Didukung keamanan jaringan dengan Apparmor dari Novell, ditambah Desktop Search, Switch User yang cepat dan dukungan untuk thin client atau biasa disebut LTSP (Linux Terminal Server Project).

• Ubuntu 8.04 (Hardy Heron)
24 April 2008 muncul Ubuntu terbaru dengan kode nama Hardy Heron dengan lambang burung bangau dengan minimal memori RAM 384 MB. Hardy Heron merupakan versi LTS (Life Time Support) yaitu paket yang dimiliki oleh Ubuntu 8.04 yang akan di dukung selama jangka waktu tiga tahun untuk varian desktop dan lima tahun untuk varian server. Varian ini dapat kita jumpai pada Ubuntu Dapper Drake. Pada versi ini muncul istilah Wubi yaitu [installer di dalam sistem operasi Windows. NFS z(network File System) juga sudah didukung didalam versi ini. Aplikasi OpenOffice.org sudah didukung oleh Java.

• Ubuntu 8.10 (Interpid Ibex)
30 Oktober 2008 Ubuntu merilis versi terbarunya yaitu Ubuntu 8.10 Interpid Ibex dengan icon kambing gunung. Ubuntu 8.10 menggunakan memori RAM 256 MB. Fitur yang dimiliki Ubuntu 8.10 antara lain yaitu dukungan jaringan 3G dengan menggunakan kabel maupun Wifi, pada rilis ini juga banyak modem-modem dan juga handphone untuk berinternet ria sudah dikenali dan kita tidak perlu melakukan konfigurasi yang rumit. Untuk memasukkan LiveUSB dan melakukan instalasi dari LiveUSB juga sudah bisa dilakukan pada Interpid Ibex.

• Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope)
Pada tanggal 23 April 2009 Ubuntu merilis Ubuntu generasi 10 dengan nama Jaunty Jackalope dengan lambang kelinci bertanduk. RAM yang digunakan minimal 256 MB dan lebih baik lagi menggunakan ukuran yang lebih besar lagi. Ubuntu 9.04 memiliki speed booting sekitar kurang lebih 25 detik. Tersedinya 3G dan wireless diikutsertakan dengan dukungan yang lebih besar lagi. Menggunakan OpenOffice.org 3.0 terbaru. Adanya Ubuntu Tweak yang memudahkan kita mengatur sistem hingga manajemen paket dari third party sudah tersedia pada Ubuntu ini. Desktop yang digunakan GNOME 2.26 dan kernel linux-2.6.28. Perbedaan utama pada versi sebelumnya adalah system file Ext4 yang merupakan dile sistem terbaru dari Linux setelah Ext3. File sistem ini lebih tahan uji dan stabil karena merupakan penyempurnaan dari system file Ext3.

•Ubuntu9.10(KarmicKoala)
Ubuntu 9.10 merupakan versi yang penulis gunakan. Ubuntu 9.10 dirilis pada tanggal 29 Oktober 2009 dengan lambang seekor koala. Menggunakan GNOME 2.28.1, KDE 4.3.1 yang merupakan KDE terbaru, OpenOffice.org 3.1.1 dan kernel Linux yang digunakan adalah Linux-2.6.31. Karmic menggantikan arsitektur akselarasi grafis X.org Server EXA menjadi UXA karena adanya masalah pada driver video Intel tersebut.


KERNEL
Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.
Ada 4 kategori kernel:

1. Monolithic kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh.

2. Microkernel. Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.

3. Hybrid (modifikasi dari microkernel). Kernel yang mirip microkernel, tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat.

4. Exokernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan pustaka yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hampir-hampir langsung.

Dari keempat kategori kernel yang disebutkan diatas, kernel Linux termasuk kategori monolithic kernel. Kernel Linux berbeda dengan sistem Linux. Kernel Linux merupakan sebuah perangkat lunak orisinil yang dibuat oleh komunitas Linux, sedangkan sistem Linux, yang dikenal saat ini, mengandung banyak komponen yang dibuat sendiri atau dipinjam dari proyek pengembangan lain.
Filosofi Kernel Dan Perkembanganya
Pada tanggal 14 Maret 1994 dirilis versi 1.0, yang merupakan tonggak sejarah Linux. Versi ini adalah kulminasi dari tiga tahun perkembangan yang cepat dari kernel Linux. Fitur baru terbesar yang disediakan adalah jaringan. Versi 1.0 mampu mendukung protokol standar jaringan TCP/IP. Kernel 1.0 juga memiliki sistem berkas yang lebih baik tanpa batasan-batasan sistem berkas Minix. Sejumlah dukungan perangkat keras ekstra juga dimasukkan ke dalam rilis ini. Dukungan perangkat keras telah berkembang termasuk diantaranya floppy-disk, CD-ROM, sound card, berbagai mouse, dan keyboard internasional. Dukungan juga diberikan terhadap modul kernel yang loadable dan unloadable secara dinamis.

Satu tahun kemudian dirilis kernel versi 1.2. Kernel ini mendukung variasi perangkat keras yang lebih luas. Pengembang telah memperbaharui networking stack untuk menyediakan support bagi protokol IPX, dan membuat implementasi IP lebih lengkap dengan memberikan fungsi accounting dan firewalling. Kernel 1.2 ini merupakan kernel Linux terakhir yang PC-only. Konsentrasi lebih diberikan pada dukungan perangkat keras dan memperbanyak implementasi lengkap pada fungsi-fungsi yang ada.

Pada bulan Juni 1996, kernel Linux 2.0 dirilis. Versi ini memiliki dua kemampuan baru yang penting, yaitu dukungan terhadap multiple architecture dan multiprocessor architectures. Kode untuk manajemen memori telah diperbaiki sehingga kinerja sistem berkas dan memori virtual meningkat. Untuk pertama kalinya, file system caching dikembangkan ke networked file systems, juga sudah didukung writable memory mapped regions. Kernel 2.0 sudah memberikan kinerja TCP/IP yang lebih baik, ditambah dengan sejumlah protokol jaringan baru. Kemampuan untuk memakai remote netware dan SMB (Microsoft LanManager) network volumes juga telah ditambahkan pada versi terbaru ini. Tambahan lain adalah dukungan internal kernel threads, penanganan dependencies antara modul-modul loadable, dan loading otomatis modul berdasarkan permintaan (on demand). Konfigurasi dinamis dari kernel pada run time telah diperbaiki melalui konfigurasi interface yang baru dan standar.

Semenjak Desember 2003, telah diluncurkan Kernel versi 2.6, yang dewasa ini (2008) telah mencapai patch versi 2.6.26.1 ( http://kambing.ui.edu/kernel-linux/v2.6/). Hal-hal yang berubah dari versi 2.6 ini ialah:

* Subitem M/K yang dipercanggih.

* Kernel yang pre-emptif.

* Penjadwalan Proses yang dipercanggih.

* Threading yang dipercanggih.

* Implementasi ALSA (Advanced Linux Sound Architecture) dalam kernel.

* Dukungan sistem berkas seperti: ext2, ext3, reiserfs, adfs, amiga ffs, apple macintosh hfs, cramfs, jfs, iso9660, minix, msdos, bfs, free vxfs, os/2 hpfs, qnx4fs, romfs, sysvfs, udf, ufs, vfat, xfs, BeOS befs (ro), ntfs (ro), efs (ro).
KERNEL UBUNTU LUCID 10.04
linux (2.6.32-16.23) lucid; urgency=low
  [ Andy Whitcroft ]
  * SAUCE: PM report driver and device suspend/resume times -- move config
   * update to standards version 3.8.4.0
   * printenv -- expose all of the package selectors
   * source package -- cleanup source content control
   * doc package -- ensure we do build package content on buildd
   * lintian -- correct the address in the debian/copyright
   * lintian -- update debhelper package version dependancy
   * lintian -- fix ghostscript dependancy
   * lintian -- add required misc:Depends
   * lintian -- move our debhelper compat level to debian/compat
   * perf -- build the kernel carried tools
   * perf -- add linux-tools carrying the version switches and manuals
  * SAUCE: fix up Kconfig for staging drivers
  * [Config] enable NOUVEAU etc following drm backport
  * update DRM to mainline v2.6.33
  * [Config] Remove AppArmor config options that no longer exist (ports)
  * [Config] updateportsconfigs following drm update 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar